/* google analytics */

Soal sistem persamaan linier dua variabel

| Rabu, 30 Januari 2013

Berikut ini beberapa soal-soal cerita tentang Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Dalam soal-soal SPLDV berikut ini beberapa diantaranya tergolong soal-soal dengan kategori pemecahan masalah. soal-soal tersebut adalah sebagai berikut:

1. Diketahui jumlah dari dua buah bilangan rasional adalah 79 sedangkan selisih kedua bilangan itu adalah 11. Tentukan bilangan-bilangan tersebut.
2. Jumlah dari dua bilangan adalah 25 dan selisihnya 9. Apabila x dan y menyatakan bilangan-bilangan tersebut, tentukan system persamaan yang terbentuk.
3. Keliling sebuah persegi panjang adalah 28 meter. Apabila panjang persegi panjang tersebut empat lebihnya dari lebar persegi panjang tersebut, tentukan ukuran persegi panjang tersebut.
4. Penggunaan hokum Ohm untuk rangkaian listrik diberikan oleh system persamaan berikut ini:
E – 6I = 0
E + 10I = 8
Tentukan nilai E dan I dari system persamaan diatas dengan menggunakan metode grafik.
(petunjuk: ambil E sebagai sumbu X dan I sebagai sumbu Y) 
5. Sepuluh tahun yang lalu umur Nasti adalah dua kali umur Misna, 5 tahun kemudian umur nasty menjadi 1,5 kali umur Misna. Berapakah umur Nasti dan Misna sekarang?
6. Lima baju dan lima celana berharga Rp 170.000,-. Sedangkan harga empat baju dan dua celana adalah Rp 102.000,-. Tentukan masing-masing harga baju dan celana tersebut.
7. Seseorang menyusun beberapa mata uang dalam beberapa baris. Apa bila mata uang dalam setiap baris dikurangi 2 maka banyaknya baris bertambah 2. Jika setiap baris ditambah 4 mata uang maka banyaknya baris berkurang 3, maka berapa banyak mata uang yang ada?
8. Carilah dua bilangan yang berjumlah 30 dengan bilangan yang lebih besar adalah 6 kurangnya dari dua kali bilangan yang lebih kecil.
9. Sebuah bilangan yang terdiri atas dua angka adalah 7 kali besar jumlah angka angkanya. Apabila kedua angka ditukar maka bulangan yang baru adalah 18 lebih dari jumlah angka-angkanya. Berapa bilangan tersebut?
10. Pada suatu garis AB terletak titik P sedemikian sehingga panjang AB : PB = 2 : 3. Apabila titik P digeser 5 cm kea rah A maka PB = 21/3 PA. hitunglah panjang garis AB.

2 komentar:

Next Prev
▲Top▲