/* google analytics */

profesional, profesi, dan pengertiannya

| Minggu, 11 Juli 2010
A. Pengertian Guru Profesional
Kata professional berasal dari profesi yang artinya menurut Syarifuddin Nurdi diartikan sebagai suatu pekerjaan yang memerlukan pendidikan lanjut didalam science dan teknologi yang digunakn sebagai perangkat dasar untuk di implementasikan dalam berbagai kegiatan yang bermanfaat.
Dari pengertian diatas, bahwa profesi adalah suatu pekerjaan yang memerlukan pendidikan lanjut, profesi juga memerlukan keterampilan melalui ilmu pengetahuan yang mendalam, ada jenjang pendidikan khusus yang mesti dilalui sebagai sebuah persyaratan. Sedangkan professional itu adalah seseorang yang dipercaya memiliki kemampuan khusus untuk melakukan satu bidang kerja dengan hasil kualitas yang tinggi berdasarkan pengalaman dan pengetahuannyatentang objek pekerjaan tersebut.
Menurut Danim: guru professional adalah guru yang memiliki kompetesi tertentu sesuai dengan persyaratan yang dituntut oleh profesi keguruan. “guru professional adalah” guru yang senantiasa menguasai bahan atau materi pelajaran yang akan diajarkan dalam interaksi belajar mengajar, serta senantiasa mengembangkannya secara berkelanjutan, baik dalam segi ilmu yang dimilikinya maupun pengalamanya.

B. Ciri-ciri Guru Profesional
Seorang yang memiliki predikat profesional memiliki ciri-ciri yang selalu melekat dalam pikirannya, dan tercermin dalam tingkah laku dari para professional. Ciri-ciri tersebut adalah:
a) Disiplin
b) Berorientasi pada kualitas
c) Rajin dan antusias
d) Berpikir positif
e) Fleksibel
f) Rasional
g) Etis
h) Kompeten
Semua cirri tersebut memiliki hubungan dengan kebiasaan kita sehari-hari. Jadi untuk menjadi seorang yang professional, kita harus merubah secara terus-menerus kebiasaan kita, mencapai yang lebih baik. Seorang professional mampu mengendalikan mental spiritualnya, sehingga mereka akan melakukan tindakan berdasarkan nilai-nilai, prinsip hidup, ataupun agama dan kepercayaan yang dianutnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Next Prev
▲Top▲